Nur Endhar Gustiarko

Alhamdulillah, Rabu 5 Oktober 2011 dalam Upacara Wisuda Ke-XLII, Saya resmi menjadi alumni Universitas Dian Nuswantoro Semarang ( UDINUS ). Sungguh perasaan senang bercampur haru mengingat pada hari itu Saya dikukuhkan menjadi seorang Sarjana, namun tentunya banyak kenangan dan pencapaian bersama para sahabat selama menjadi mahasiswa. Oleh sebab itu, Saya mencoba untuk bercerita mengenai pengalaman Saya menjadi mahasiswa di UDINUS.

Saya lahir di Jakarta 5 Agustus 1989 dan dibesarkan di Kota Semarang. Jauh sebelum Saya menjadi mahasiswa, Saya mengenal UDINUS ( dahulu IMKA ) sebagai unggulan dalam bidang IT ketika tinggal bertetanggaan di Jl. Veteran Semarang. Setelah lulus dari SMP Negeri 3 Semarang, Saya mulai tertarik dengan bidang IT dan memutuskan untuk melanjutkan studi ke SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto jurusan Teknik Informatika konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan. Oleh sebab itu, ketika lulus dari bangku pendidikan SMK, tekad Saya sudah bulat untuk kuliah di UDINUS.

Saya menyadari sepenuhnya bahwa dunia perkuliahan bukan semata untuk mempertajam hardskill namun juga softskill. Maka tempat yang tepat untuk mengasah keduanya adalah Organisasi mahasiswa. Di tahun pertama, Saya bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika ( HMTI ) sebagai anggota aktif. Tahun selanjutnya Saya direkrut untuk menjadi anggota divisi Hubungan Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer ( BEM-FASILKOM ).

Pada tahun ketiga, tepatnya tahun 2009 dengan dukungan para sahabat, Saya mencalonkan diri menjadi Gubernur Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer bersama Adwitya Pradhana sebagai Wakil Gubernur Mahasiswa dan alhamdulillah Kami terpilih. Di sini, kemampuan leadership Saya terbentuk. Bagaimana memimpin organisasi terbesar di Fakultas yang memiliki banyak anggota hebat dengan berbagai macam karakter, visi, dan misi. Semangat berkarya selalu Kami gelorakan dengan jargon : MUDA KAYA KARYA !!. Di saat yang sama, Saya berhasil memperoleh dana hibah Program Mahasiswa Wirausaha dari Dikti. Semua ini tak lepas dari jiwa entrepreneur yang diturunkan oleh kedua orangtua dan ilmu berwirausaha yang Saya peroleh dari UDINUS. UDINUS selalu peduli terhadap pengembangan karakter entrepreneur dari mahasiswanya melalui Pusat Entrepreneurship. Saya pun pernah mendapat kesempatan untuk bekerja sekaligus belajar mengenai kewirausahaan di Pusat Entrepreneurship UDINUS ketika mulai memasuki semester akhir.

Sungguh tahun yang berat namun penuh makna ketika Saya harus memikul tiga tanggung jawab besar, yaitu kuliah, memimpin organisasi besar, dan menjalankan usaha. Sekali lagi, para sahabat lah yang dapat membawa Saya menyelesaikan semua amanah tersebut. Dengan padatnya aktivitas, maka semakin banyak pula relasi yang terbentuk. Alhamdulillah Saya dapat mengenal dan dikenal banyak rekan mahasiswa UDINUS, mahasiswa dari kampus lain, dosen, pejabat UDINUS, bahkan pejabat pemerintahan. Hal ini yang secara tidak langsung memicu daya saing Saya ke tingkat yang lebih tinggi.

Syukur alhamdulillah, di bulan Juni  tahun 2010 Saya terpilih bergabung bersama tim Elektronik Gamelan Kampus UDINUS ( e-GamelanKU ) untuk menjadi duta kesenian dalam event Indonesian Day di Chung Yuan Christian University Taiwan. Benar - benar pengalaman tak terlupakan, mengenalkan e-GamelanKU kepada masyarakat internasional. Prestasi bersama e-GamelanKU tidak berhenti sampai di situ karena pada bulan Juli, Kami berhasil memenangkan Lomba Kesenian Antar Perguruan Tinggi Se-Jawa Tengah. Atas segala prestasi tersebut, Kami menerima banyak tawaran untuk membuka beberapa event expo tingkat nasional, pelantikan Walikota Semarang, hingga pengabdian kepada masyarakat.

Masih di bulan Juli tahun 2010, Saya berhasil lolos mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Kapal Pemuda Nusantara. Sebuah kegiatan Pelayaran dalam event internasional Sail Banda 2010 yang diikuti putra – putri terbaik perwakilan dari masing – masing provinsi se-Indonesia. Syukur Alhamdulillah mengingat setelah melalui tahap seleksi kategori perorangan di tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diikuti mahasiswa dari berbagai universitas unggulan dan organisasi kepemudaan, Saya yang dibimbing oleh Ibu Etika Kartikadarma,M.Kom lolos bersama Ayudya Valentiena Kharisma Putri yang tak lain adalah sahabat dekat Saya sekaligus mahasiswi UDINUS juga. Di sini, Saya mengenal banyak sahabat dari berbagai provinsi di Indonesia. Selain itu, selama tiga pekan di tengah lautan Kami ditempa berbagai materi dengan tujuan mematri rasa cinta Tanah Air di dalam hati para pemuda. Tak ketinggalan beberapa momen indah ketika Kami berlayar dan singgah di beberapa kota seperti Makassar, Banda Naira, Ambon, Wakatobi, dan Kendari, kota – kota yang mungkin belum pernah terbesit untuk dikunjungi sebelumnya.

Di penghujung tahun 2010, Saya mengajukan diri untuk mengikuti Kompetisi Mahasiswa Berprestasi tingkat UDINUS. Dengan mengusung materi yang terisnpirasi dari program Kapal Pemuda Nusantara, Saya berhasil meraih Juara ke-II. Pada tahap selanjutnya, karena beberapa alasan, Saya didaulat untuk mewakili UDINUS pada Kompetisi Mahasiswa Berprestasi di tingkat Kopertis Wilayah VI Provinsi Jawa Tengah. Alhamdulillah, Saya berhasil mempertahankan materi di hadapan dewan juri dan meraih Juara ke-III.

Dengan segala kerendahan hati, Saya benar – benar ingin menyampaikan terima kasih kepada keluarga, segenap civitas akademik UDINUS, terutama para sahabat dan dosen pembimbing. Dalam usaha mencapai segala sesuatunya, Saya pernah terjatuh. Namun mereka lah yang kembali membuat Saya dapat melompat tinggi.

“Sukses bukanlah sebuah titik. Sukses adalah garis yang membentuk grafik naik dan turun. Ketika menyentuh dasar, seberapa tinggi Kita dapat memantul, itulah Sukses.”

Kembali
Universitas Dian Nuswantoro

Jl. Nakula I No. 5-11 Semarang
Jl. Imam Bonjol No. 207 Semarang
Telp. (024) 3517261
Fax. (024) 3569684
Kode Pos : 50131
E-Mail: sekretariat@dinus.ac.id

×