Bernadus Andre

Seseorang yang selama 8 semester menekuni ilmu sastra inggris namun saat ini berprofesi di bidang perbankan sebagai staf pada direktorat Trade Finance Operation di salah satu bank dengan reputasi regional ASEAN, dialah Bernardus Andre Hernawan.

 

Sosoknya yang sederhana tidak begitu populer di kalangan civitas akademika. Dia bukan lulusan terbaik saat itu, juga bukan pemilik wajah rupawan yang digandrungi para mahasiswi. Di organisasi BEM atau HM pun namanya sama sekali tak pernah terdengar. Namun ternyata tidak sedikit prestasi yang telah dicapai oleh pria asli Semarang ini selama masa perkuliahan di Unversitas Dian Nuswantoro. Tercatat satu trophy bertuliskan Runner Up ESA Week Speech Contest 2007 se-Jawa Tengah ikut menambah koleksi trophy kebanggaan Fakultas Bahasa dan Sastra alma mater-nya. Tak hanya itu saja, prestasi mentereng lainnya serta program beasiswa unggulan Djarum Bakti Pendidikan dan PPA disabetnya pula.

 

Seperti kata pepatah Non Scholae Sed Vitae Discimus yang kurang lebih artinya saya belajar bukan semata-mata untuk mendapatkan nilai baik di sekolah namun nilai-nilai kehidupan,  baginya kuliah bukan saja menggenjot Indeks Prestasi (GPA) namun juga sebagai wadah untuk mengembangkan karakter dan softskills yang tidak diajarkan secara formal. Karakter dan softskills adalah nilai yang sangat dibutuhkan seseorang supaya siap berkarya di kehidupan nyata. Manajemen resiko dan public speaking adalah contoh atribut softskills yang dimilikinya. Lewat softskillsnya tersebut, pria berbintang Cancer ini mampu menaklukan para pewawancara saat perekrutan karyawan sampai akhirnya berhasil mendapatkan karir yang baik sebagai staf di direktorat Trade Finance Operation PT Bank CIMB Niaga tbk.

 

Kompetensi bukan hal utama yang dicari perusahaan, namun karakter dan kemauan untuk maju yang lebih dicari. “Saya tidak mengerti pembukuan, jurnal keuangan, dan hukum perdagangan internasional, namun saya mau belajar dan maju demi karir dan masa depan saya. Itulah yang membuat mereka tidak perlu berpikir dua kali untuk merekrut saya”.

Kembali
Universitas Dian Nuswantoro

Jl. Nakula I No. 5-11 Semarang
Jl. Imam Bonjol No. 207 Semarang
Telp. (024) 3517261
Fax. (024) 3569684
Kode Pos : 50131
E-Mail: sekretariat@dinus.ac.id

×