Fahri Firdausillah

Saat ini saya sedang melanjutkan studi S2 di Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) fakultas Information and Communication Technology (ICT), sebelumnya saya pernah menjadi programmer, database adaministrator, dan juga webmaster di Universitas Dian Nuswantoro. Kalau anda mengira dulu saya sekolah di SMA Negeri favorit atau sekolah kejuruan komputer anda salah. IT adalah ilmu yang terbuka bisa dipelajari oleh siapa saja dengan latar belakang apa saja.

Pendidikan dasar saya dari Madrasah Ibtidaiyyah (setingkat SD) sampai Madrasah Aliyyah (setingkat SMA) adalah di Qudsiyyah, salah satu sekolah swasta berlatar belakang agama di Kudus. Selama di Kudus saya tidak pernah mengikuti kursus atau ekstra kulikuler komputer, hanya belajar dari buku bersama teman-teman di pesantren itupun sebatas aplikasi dasar seperti Ms. Office dan PhotoShop. Kemudian baru setelah lulus MA tahun 2005 saya mulai belajar komputer secara formal di UDINUS jurusan Teknik Informatika (TI).

Untuk mengembangkan ilmu secara lebih luas kita harus banyak sharing keilmuan dengan orang di sekitar kita. Beruntung sekali sewaktu kuliah di UDINUS banyak teman yang tidak pernah sungkan untuk sharing, baik sharing yang berhubungan dengan materi kuliah, maupun ilmu-ilmu tambahan di luar bangku kuliah. Organisasi kemahasiswaan yang saya ikuti seperti HMTI dan DNCC juga sangat bermanfaat untuk mengembangkan ilmu praktis sekaligus mengasah softskill selama di UDINUS.

Salah satu hasil nyatanya, alhamdulillah berkat bantuan teman-teman dan juga dukungan dari pihak akademik, saya bisa mengikuti kejuaraan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dan berhasil meraih juara I di tingkat Universitas, dan Juara III tingkat Kopertis (perguruan tinggi swasta provinsi) pada tahun 2009. Lebih dari itu saya juga bisa berkenalan dan bertukar pikiran dengan mahasiswa berprestasi dari perguruan tinggi lain. Sungguh suatu pengalaman menyenangkan sekaligus membanggakan.

Selama masa kuliah, saya memberanikan diri untuk bekerja dengan bekal skill dan ilmu yang telah didapat. Beberapa aplikasi dan website baik skala kecil maupun skala menengah berhasil dikerjakan dengan baik bersama teman seperjuangan. Menjadi programmer freelancer selama kuliah, mendapat tambahan uang saku adalah “hadiah” tambahan, grand prize-nya adalah mendapat pengalaman tak ternilai terjun langsung dalam dunia kerja. Berkat itu juga akhirnya begitu lulus S1, saya langsung direkrut divisi pengembangan sistem informasi PSI-UDINUS.

Setelah mengabdi di PSI-UDINUS kurang lebih 1 tahun, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi beasiswa S2 di UTeM Malaysia dan Alhamdulillah lolos beserta 8 teman yang lain. Ternyata pengalaman practical selama bekerja dalam dunia IT di PSI juga sangat membantu kelancaran studi S2, dan bahkan membuat saya mampu bersaing dengan mahasiswa unggulan dari negara lain.

Hikmah yang dapat diambil dari sekelumit cerita perjalanan studi saya yaitu: kesuksesan adalah hak semua orang yang mau berusaha, siapapun kita asal mau berusaha Insya Allah kesuksesan akan menghampiri. Seringkali rezeki melalui jalan yang tidak kita duga, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk mengasah ilmu baik secara formal maupun non-formal. Dan juga kesuksesan seseorang tidak hanya dibangun dengan kedua tangan sendiri, banyak sekali tangan-tangan orang lain yang ikut terlibat, jangan pernah sungkan-sungkan untuk membangun jaringan dengan siapa saja. Semakin banyak tangan yang membantu semakin mudah membangun kesuksesan.

Wallahu A'lam, semoga bermanfaat.

Biodata:

Nama Lengkap        : Fahri Firdausillah

TTL                         : Jepara, 5 – Juli – 1986

Pendidikan      :

  • MI s/d MA Madrasah Qudsiyyah Kudus
  • S1 Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)
  • (saat ini) S2 Database Technology Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM)

Pengalaman Organisasi :

  • Sekretaris Bidang HMTI UDINUS
  • Wakil ketua UKM Dian Nuswantoro Computer Club (DNCC)
  • Sekretaris Umum FORTIKOM Semarang
  • Gubernur BEM Fakultas Ilmu Komputer UDINUS
  • Pendiri & Penasehat Maqdis Foundation Semarang
Kembali
Universitas Dian Nuswantoro

Jl. Nakula I No. 5-11 Semarang
Jl. Imam Bonjol No. 207 Semarang
Telp. (024) 3517261
Fax. (024) 3569684
Kode Pos : 50131
E-Mail: sekretariat@dinus.ac.id

×