Suryandaru

Suryandaru namanya,  salah seorang mahasiswa tunanetra yang kuliah di Udinus melalui program kerja sama antara Udinus dan DPD PERTUNI Jawa Tengah. PERTUNI merupakan singkatan dari Persatuan Tunanetra Indonesia dan merupakan organisasi kemasyarakatan tunanetra yang independen, bersifat nasional dan tidak beraliansi pada organisasi politik dan agama mana pun. Jaringan dan kerja sama PERTUNI berada di tingkat nasional maupun internasional dengan menjadi anggota World Blind International (WBU).

Program kerja sama antara Udinus dan DPD PERTUNI Jawa Tengah dimulai sejak tahun 1999 dalam bentuk pelatihan komputer bicara bagi tunanetra. Komputer bicara merupakan inovasi adaptasi teknologi komputer agar dapa diakses oleh tunanetra. Walaupun bukan penemu dalam program komputer bicara dan bukan yang pertama pemberi pelatihan komputer bicara kepada tunanetra, kerja sama antara Udinus dan DPD PERTUNI Jawa Tengah merupakan percontohan tingkat nasional dalam hal kerja sama antara organisasi tunanetra dan lembaga pendidikan tinggi guna peningkatan kualitas tunanetra.

Sejak tahun 2007, kerja sama antara Udinus dan DPD PERTUNI Jawa Tengah ditingkatkan ke pemberian beasiswa untuk kuliah di Udinus bagi tunanetra berdasar rekomendasi dari DPD PERTUNI Jawa Tengah. Udinus memberi keleluasaan tunanetra untuk memilih program studi dan fakultas baik Strata 1 dan Diploma 3 selama fakultas dan program studi tersebut tidak memerlukan kemampuan pengelihatan yang fundamental. Berdasar kesempatan itulah, Suryandaru memilih untuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Sastra Udinus dengan program studi Strata 1 Sastra Inggris, seksi Penerjemahan.

Kuliahnya pun dapat diselesaikan sesuai jadwal dengan IPK 3.46 dengan topik “penerjemah tunanetra” dengan maksudk untuk membuka wawasan semua pihak termasuk kalangan akademisi bahwa tunanetra juga mempunyai kemampuan di bidang penerjemahan. Ilmu yang diperoleh di bangku kuliah melengkapi ilmu pengetahuan yang selama ini diperolehnya. Kemampuan di bidang Bahasa Inggris menopang aktifitasnya di PERTUNI. Kegiatan internasional semacam Disability People Forum tahun 2010, YAITU PERTEMUAN PARA PENYANDANG DISABILITAS SEWILAYAH Asia Tenggara dan ASEAN People Forum tahun 2011, yaitu pertemuan rakyat di wilayah negara-negara ASEAN sebelum penyelenggraan KTT ASEAN dapat diikuti dengan lancar.

 

Suryandaru, S.H., S.S.

E-mail address ndarusurya@yahoo.co.id&ndarusurya@gmail.com

Mobile phone 081325885858

Kembali
Universitas Dian Nuswantoro

Jl. Nakula I No. 5-11 Semarang
Jl. Imam Bonjol No. 207 Semarang
Telp. (024) 3517261
Fax. (024) 3569684
Kode Pos : 50131
E-Mail: sekretariat@dinus.ac.id

×